Ujian Diniyah Al-Khoirot Digelar Malam Kamis Mendatang

Oleh: Moch. Sholehuddin
Santri PP. Al-Khoirot

Hari demi hari, waktu demi waktu telah dilalui bersama, sehingga sampailah pada momen yang sangat ditunggu-tunggu, “Ujian Madrasah Diniyah” yang aka  dilaksanakan malam kamis mendatang di gedung Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Khoirot


Ujian ini dilaksanakan setelah ujian semester akhir sekolah formal MTs dan MA Al-khoirot, agar nanti tahun ajaran barunya bisa singkron dan dibersamakan. Karena kalau tidak demikian akan terjadi ketidak seimbangan antara Diniyah, MTs dan MA-nya. Nah untuk mengantisipasi adanya hal itu, Pengasuh serta Dewan Pengasuh berinisiatif membarengkan ujian antara Diniyah, Tsanawiyah dan Aliyah.

Mengenai persiapan untuk Ujian Diniyah ini sangat matang dan bagus, kerjasama antar panitia juga sangat baik. Untuk panitia Ujian Akhir Diniyah ini adalah anak-anak dari Wustha II yang dipimpin langsung oleh oleh Wakil Kepala Sekolah Gus Ahmad Faishol. Ini berbeda dengan ujian yang telah lampau yang mana kala itu masih dipanitiai oleh Para Asatidz. Teman-teman dari Wustha II sangat sibuk untuk menyiapkan semua kebutuhan yang dibutuhkan di Ujian ini, mulai dari menyiapkan papan pengumuman, soal, bayanat, ID peserta ujian, nomor ujian, jadwal ujian, jadwal pengawas, penataan bangku hingga konsumsi. Namun dengan kerjasama mereka yang baik, semua itu telah selesai mereka laksanakan dengan baik pula.

Adapun para Asatidz ditugaskan untuk mengawas ujian menurut jadwal masing-masing sesuai dengan jadwal yang disiapkan oleh panitia. Sesuai dengan hasil Musyawaroh petugas diniyah yang dihadiri Wakil Kepala Sekolah, bahwa pengawas tidak boleh sedikit pun toleran pada siswa, bagi siswa yang nyontek pengawas harus tegas untuk mengeluarkan siswa tersebut. Jadi ketika masuk kelas, siswa memang harus sangat siap mengikuti ujian.

Setelah kegiatan ujian ini selesai, akan diadakan lomba-lomba hingga sampai pada acara Haflatul Imtihan yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni mendatang, sekaligus pembagian raport Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Khoirot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar